Jangan Salah, Kontrakan Murah Juga Bisa Sangat Nyaman: Begini Cara Mendapatkannya

Tak semua pasangan siap secara finansial untuk membeli rumah setelah menikah. Ya, harga rumah saat ini sangatlah mahal apalagi jika Anda mencari rumah yang dekat dengan tempat kerja di kawasan kota. Saat ini KPR (Kredit Pemilikan Rumah) semakin dipermudah. Namun tentunya pengambilan KPR harus disertai pertimbangan yang panjang dan matang. Terlebih jika karir atau usaha belum stabil. Lebih aman mengontrak rumah.


Memang terkadang tinggal di rumah kontrakan tidak terasa senyaman ketika tinggal di rumah sendiri bersama orangtua. Dekorasi rumah juga kurang fleksibel karena ruangan yang tersedia tidak begitu luas. Ada harga ada kualitas yang kita peroleh. Begitu pula saat mengontrak rumah.

Inginnya kontrakan rumah dengan fasilitas lengkap, bangunan bagus, dan harga sewanya murah. Tapi faktanya yang ada kontrakan dengan kondisi bangunan bagus dan fasilitas lengkap ditarif mahal. Masih tersedia pilihan kontrakan murah, tapi kita harus menerima kalau fasilitas seadanya.

Tapi jangan salah, bukan berarti tinggal di kontrakan murah tidak bisa hidup nyaman. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membuat kontrakan Anda semakin nyaman bahkan tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Langsung saja, berikut adalah hal-hal yang dapat dilakukan agar kontrakan murah menjadi sangat nyaman untuk ditinggali:

Membersihkan rumah secara teratur

Kebersihan rumah adalah salah satu faktor utama yang berpengaruh pada kenyamanan suatu hunian. Rumah mewah pun belum tentu nyaman jika kebersihannya tidak terjaga dengan baik. Begitu pula sebaliknya. Rumah kontrakan sederhana bisa sangat nyaman jika area-area di dalamnya dibersihkan secara teratur. Selain itu, rumah yang bersih juga meminimalisir risiko para penghuni terkena penyakit berbahaya yang bisa disebabkan bakteri atau mikroorganisme berbahaya yang senang bersarang di barang-barang di dalam rumah.

Bisa dibilang dapur dan kamar mandi adalah dua area yang paling rentan kotor. Untuk itu, area-area tersebut perlu dibersihkan setiap hari. Di dapur misalnya, pastikan sisa-sisa makanan setelah memasak atau yang menempel di piring bekas makan dibersihkan dengan benar agar tidak mengundang binatang pengganggu seperti semut dan kecoa. Lantai rumah juga sebaiknya dibersihkan setiap hari. Selain itu, area di rumah yang sulit terjamah seperti kolong tempat tidur dan sudut lemari juga sebaiknya dibersihkan secara berkala.

Menata rapi barang-barang

Simpan secara rapi barang-barang di dalam rumah Anda. Jangan sampai barang berceceran tidak pada tempatnya. Tapi hindari menyembunyikan barang-barang di dalam kotak penyimpanan. Guna membuat rumah tampak lebih rapi, terkadang kita menyiasatinya dengan membeli kotak penyimpanan khusus. Hal itu kurang efektif karena hanya akan memakan ruang tersisa di rumah. Alhasil rumah terasa makin sempit dan sumpek.

Ketimbang mengeluarkan uang untuk membeli kotak penyimpanan baru, sortirlah barang-barang di rumah. Pisahkan antara barang yang masih dipakai dan tidak. Barang yang sudah tak terpakai tapi masih layak digunakan bisa disumbangkan kepada tetangga atau saudara, atau dijual di forum jual beli barang bekas. Jadi barang-barang yang ada di rumah benar-benar barang yang biasa digunakan saja. Kontrakan akan terasa lebih lega dan rapi karena ruang rumah tak termakan oleh barang-barang lama.

Minimalisir sarang nyamuk di rumah

Nyamuk yang berkeliaran di sudut-sudut rumah tentu akan menganggu dan mengurangi kenyamanan saat beraktivitas di rumah. Selain itu, nyamuk tersebut berpotensi membawa penyakit berbahaya, khususnya demam berdarah.

Untuk itu, Anda harus melakukan langkah pencegahan agar nyamuk tidak betah bersarang di rumah. Diantaranya membersihkan bak mandi seminggu sekali. Tanpa kita sadari, banyak barang lain di dalam rumah yang berpotensi menjadi sarang nyamuk. Seperti vas bunga, penampungan air pada dispenser, dan barang lain yang menampung air. Rajin-rajinlah memeriksa dan membersihkan barang-barang tersebut dua kali dalam seminggu.

Selain itu, ubah kebiasaan menggantung baju bekas pakai di balik pintu karena sangat disenangi nyamuk. Jika baju bekas pakai ingin disimpan kembali, sebaiknya disimpan di tempat yang bersih dan tertutup.

Tata ulang furnitur secara berkala

Kontrakan murah biasanya berupa rumah kontrakan petak. Ruangannya yang tidak terlalu luas lebih cepat membuat penghuninya merasa bosan. Agar rumah semakin nyaman dan tak terkesan monoton, tata ulang furnitur secara berkala.

Menata ulang furnitur di rumah dapat menciptakan suasana baru dan baik untuk meningkatkan suasana hati. Bahkan menurut sejumlah ahli psikologi, menata ulang suatu ruangan memberi Anda kesempatan untuk menciptakan kenyamanan. Menurut para pakar psikologi, ketika menata ulang ruangan, Anda dapat mengidentifikasi hal-hal apa saja yang disukai untuk menciptakan ruangan yang nyaman. Hal ini berdampak positif karena memberikan rasa lega sehingga dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik.

Jangan lupakan unsur organik!

Kurangnya unsur organik dapat membuat suasana rumah terasa sumpek dan gersang. Padahal selain menambah nilai estetika, banyaknya unsur organik di rumah juga berdampak baik untuk kondisi psikologis penghuni rumah. Kalaupun rumah kontrakan Anda tak memiliki lahan untuk dimanfaatkan sebagai taman, Anda bisa menyiasatinya dengan menempatkan pot-pot berisi aneka tanaman untuk mempercantik teras rumah.

Ada baiknya juga menempatkan pot-pot tanaman hias di dalam rumah. Bukan cuma menambah estetika, tanaman hias tertentu ternyata bermanfaat mengurangi racun yang mengontaminasi udara di dalam rumah. Udara di dalam rumah belum tentu lebih bersih daripada udara di luar rumah.

Terlebih bila ada anggota keluarga yang memiliki kebiasaan merokok. Sisa-sisa pembakaran rokok dapat mencemari udara di dalam rumah dan menempel di perabot rumah berbahan kain. Ditambah setiap hari udara rumah tercemar produk rumah tangga berbasis kimia, seperti parfum, pengharum udara, pembersih toilet, dan banyak lagi.

Untuk membantu membersihkan udara di dalam rumah dan membuat ruangan rumah semakin nyaman, tempatkanlah pot tanaman hias di beberapa area rumah. Anda bisa mempertimbangkan tanaman hias yang bermanfaat mengurangi racun pada udara seperti lidah buaya, kaktus, bambu hoki, dan lidah mertua.

Cat ulang dinding untuk menciptakan kesan ruangan yang lapang

Jika pemilik rumah kontrakan mengizinkan dan Anda berencana menetap untuk waktu yang lama, Anda bisa mempertimbangkan untuk mengubah warna cat dinding. Anda dapat memilih warna cat dinding yang menciptakan ruangan terbatas terkesan lebih luas.

Misalnya warna putih. Warna yang menjadi lambang kesucian ini dapat menciptakan efek ruangan yang lebih terang dan lapang. Atau bisa juga warna kuning untuk menciptakan nuansa ruangan yang lebih ceria. Tapi hindari pemakaian cat kuning dengan nuansa terlalu gelap. Jika ingin menciptakan kesan ruangan yang lapang, baiknya memilih warna kuning dengan nuansa lembut dan ringan, seperti kuning pucat, warna kuning lemon, atau warna kuning pisang.

Jika ingin menciptakan kesan minimalis yang menyenangkan, Anda bisa memilih cat warna pastel, seperti merah muda, lilac, peach, dan ungu muda. Warna-warna tersebut cocok digunakan untuk ruangan yang memiliki jendela besar. Banyaknya cahaya yang masuk lewat jendela ke dalam ruangan rumah dapat menciptakan ilusi ruangan dengan kesan lapang yang maksimal.