Sebelum Traveling, Cari Tahu Dulu Yuk Perbedaan Berbagai Tipe Penginapan Ini!

Ketika berlibur atau bepergian ke manapun itu, tentunya kita membutuhkan akomodasi atau penginapan. Ketika memilih penginapan, kita tentunya ingin tempat beristirahat yang nyaman. Di lain sisi, faktor harga juga menjadi pertimbangan penting.


Menemukan "rumah" sementara yang mendukung kegiatan selama liburan ataupun bepergian ke luar kota terkadang tak mudah. Menginap di tempat terlalu mahal, terlalu murah, atau fasilitas terlalu seadanya bisa membuat liburan terasa kurang menyenangkan. Untuk itu, ada baiknya ketahui dulu beragam tipe penginapan yang tersedia di daerah yang dituju.

Mungkin saat di jalan, Anda pernah melihat bangunan penginapan bertuliskan hotel, hostel, atau guest house. Hal itu menunjukkan tipe penginapan yang berbeda. Meski fungsi utamanya untuk menginap, tapi tentu saja berbeda dari segi harga, fasilitas yang disediakan, dan standar pelayanan. Maka dari itu, tipe penginapan yang berbeda tentu menawarkan pengalaman menginap yang berbeda pula.

Langsung saja, berikut adalah beberapa tipe penginapan yang baiknya diketahui dahulu sebelum Anda traveling:

Hotel

Ya, hotel adalah akomodasi yang paling umum ditemukan ketika kita pergi liburan. Dari segi fisik, hotel biasanya berupa bangunan bertingkat dengan banyak kamar dengan tipe berbeda-beda yang di dalamnya dilengkapi fasilitas pendukung. Biasanya fasilitas pendukung yang ditawarkan hotel adalah pendingin ruangan, akses internet, water heater, perlengkapan mandi, hingga fasilitas rekreasi di luar ruangan seperti kolam renang, ruang rapat, spa, restoran, dan lounge/bar.

Tergantung pada ukuran, lokasi, dan fasilitas, hotel umumnya memiliki predikat mulai dari bintang 1 sampai 5. Semakin tinggi nilai bintangnya, semakin lengkap fasilitasnya dan tarif kamarnya pun semakin mahal. Sebanding dengan fasilitas dan pelayanan yang ditawarkan.

Boutique hotel 

Boutique hotel bukanlah hotel dengan butik pakaian di dalamnya. Tipe penginapan ini merupakan hotel kecil dengan jumlah kamar tidak terlalu banyak, antara 10 hingga 100 kamar. Bangunannya dirancang modern, stylish, elegan, dan mewah. Lokasinya pun biasanya di kawasan perkotaan yang modern.

Karena itu, jangan heran bila tarif kamar di boutique hotel cenderung lebih mahal. Selain memanjakan para tamu yang menginap dengan interior hotel yang menawan, boutique hotel juga mengedepankan mutu layanan. Untuk anak muda millennial yang menginginkan liburan mewah, boutique hotel bisa jadi pilihan yang tepat.

Resort

Resort seringkali disamakan dengan hotel. Selain karena tarif keduanya sama-sama terbilang mahal, terkadang fasilitas hotel mewah memang tak jauh berbeda dari resort. Namun, resort biasanya dibangun di atas lahan yang lebih luas dibandingkan hotel. Karena lahan yang lebih luas inilah, resort tak hanya sebagai penginapan yang menyediakan kamar untuk beristirahat, tapi juga banyak fasilitas rekreasi, seperti taman, kolam renang, restoran, dan lapangan golf.

Resort juga memiliki karakteristik lokasi tersendiri. Hotel biasanya dibangun di pusat keramaian seperti bandara, stasiun kereta, pusat bisnis, pusat hiburan, dan pusat aktivitas lainnya di kawasan kota. Sementara resort umumnya terletak di tengah lingkungan yang lebih asri dan menawarkan pemandangan alam indah.

Villa 

Villa berbentuk rumah yang dijadikan tempat tinggal sementara dan biasanya disewakan untuk akomodasi liburan. Dari segi lokasi, villa yang biasanya terletak di kawasan yang berhawa sejuk dan menawarkan pemandangan alam, seperti di di kawasan pegunungan dan pantai. Karena lokasinya yang tidak terlalu ramai, villa menawarkan privasi lebih saat berlibur.

Villa biasanya disewakan satu rumah dengan beberapa kamar tidur dan fasilitas di dalamnya. Sehingga cocok untuk akomodasi liburan keluarga. Selain itu, pengelola atau pemilik juga biasanya menyediakan fasilitas hiburan seperti kolam renang, taman bermain, pemancingan, dan sarana olahraga.

Apartemen

Khususnya di kota-kota besar, tersedia banyak pilihan untuk apartemen yang disewakan harian. Tipe penginapan ini bisa dijadikan pilihan ketika liburan ramai-ramai. Harganya bisa jauh lebih hemat ketimbang menyewa kamar hotel. Unit apartemen umumnya bisa diisi hingga 6 orang, sementara kamar hotel biasanya hanya 2-3 orang.

Selain itu, kelebihan lain ketika menyewa apartemen adalah unitnya yang sudah berfasilitas lengkap. Tak hanya pendingin ruangan, pemanas air, TV, dan Wi-Fi. Biasanya juga tersedia dapur lengkap dengan peralatan memasak jika para tamu ingin memasak makanan sendiri. Ada pula fasilitas rekreasi seperti kolam renang dan tempat olahraga.

Hotel kapsul 

Hotel kapsul awalnya terkenal sebagai penginapan murah di Jepang untuk para backpacker. Kabar baiknya, kini hotel kapsul juga sudah ada di Indonesia dengan tampilan yang tak kalah bagus dari hotel kapsul di luar negeri. Di Bali misalnya, ada beberapa pilihan hotel kapsul yang rata-rata ditarif Rp 100 ribu-an per malam.

Kamar-kamar yang disewakan di hotel kapsul didesain dengan bentuk kapsul bertumpuk. Tiap kapsulnya sudah dilengkapi fasilitas tempat tidur, TV, akses Wi-Fi, dan colokan listrik. Beberapa hotel kapsul juga ada yang menyediakan fasilitas kolam renang.

Guest house 

Guest house terkadang diartikan beragam. Pasalnya, beberapa guest house ada yang mirip hostel. Beberapa lainnya ada yang seperti hotel, namun dengan harga yang lebih murah dan fasilitas yang disesuaikan. Ada pula guest house yang berupa rumah pribadi yang dikonversi menjadi penginapan. Terkadang pemilik guest house juga tinggal di dalam bangunan yang sama.

Guest house yang berupa rumah tentu menawarkan suasana yang lebih homy serasa di rumah sendiri. Harganya pun relatif murah sehingga cocok untuk akomodasi liburan ramai-ramai bersama keluarga atau teman. Tentunya memilih guest house akan sangat membantu menekan anggaran saat liburan.

Hostel 

Hostel sangat untuk para pelancong yang benar-benar ingin menghemat budget yang mencari tempat untuk beristirahat saja. Hostel merupakan tipe shared accommodation. Desain kamarnya berupa asrama (dormitory), tidak berupa kamar individu.

Satu ruangan kamar mungkin diisi oleh 6-8 orang atau bahkan hingga 20 orang. Fasilitasnya sangat dasar hanya untuk keperluan istirahat saja, dan tersedia kamar mandi bersama. Ada pula beberapa hostel yang menyediakan sarapan untuk para tamunya.

Bed & Breakfast (B&B atau BnB) 

Bed & Breakfast adalah tipe penginapan dengan fasilitas tidur dan sarapan saja. Jadi kalau bicara soal harga, menginap di B&B tidak akan terlalu menguras kantong. Meski masih terdengar asing, namun penginapan B&B sebetulnya tak terlalu sulit ditemukan. Di kota-kota besar di Indonesia, sudah banyak pilihan penginapan tipe ini.

B&B biasanya berupa rumah keluarga pribadi. Jadi tamu menyewa kamar kosong di rumah tersebut, dan pemilik biasanya melayani sendiri para tamu yang menginap.

Cottage 

Cottage umumnya dibangun berupa pondokan atau rumah kecil sederhana yang dibangun secara terpisah. Seringkali bangunanya didominasi material kayu dan bambu. Tipe penginapan ini mudah ditemukan di kawasan wisata alam, terutama danau dan pantai, yang berlokasi di pedesaan atau semi-pedesaan.

Cottage yang disewakan di kawasan wisata populer biasanya menyediakan fasilitas rekreasi beragam mirip villa. Tapi tentunya semakin lengkap fasilitas, semakin besar pula biaya yang harus dikeluarkan jika ingin menyewa cottage tersebut.